Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Kuak Peluang Fishpreneur Melalui Webinar AEC

Berita Umum | 19 Nopember 2020 04:32 wib
Berbeda dengan webinar kewirausahaan sebelum-sebelumnya, PPKKHA melalui Airlangga Entrepreneur Club (AEC) mengangkat tema Fishpreneur dalam sesi webinar 12 November 2020 lalu. Paundra Noorbaskoro (CEO dari Growpal) pun dihadirkan sebagai pembicaranya. Melalui webinar ini, diharapkan dapat menumbuhkan minat Ksatria Airlangga untuk mencoba berbisnis di sektor perikanan. Tercatat sebanyak 568 peserta telah mengikuti sesi ini dengan antusias walau dilaksanakan secara virtual.



 

            Paundra Noorbaskoro memulai sesinya dengan menjelaskan keunggulan yang dimiliki kaum pemuda, khususnya Generasi Z, dalam dunia kerja. Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Paundra Noorbaskoro, Generasi Z cenderung memiliki keinginan untuk bekerja di sebuah perusahaan yang besar. Akan tetapi, hal ini bukanlah menjadi alasan bagi kaum Generasi Z untuk tidak mempertimbangkan berbisnis, terutama bisnis di sektor perikanan.


Berdasarkan pandangan Paundra Noorbaskoro, sektor perikanan di Indonesia perlu diberi perhatian lebih agar dapat bersaing dengan pasar internasional. “Indonesia merupakan negara maritim. Namun di sisi lain, para nelayan di daerah pesisir Indonesia masih dilanda kemiskinan”, begitulah keprihatinan Paundra Noorbaskoro terkait sektor perikanan di Indonesia.


Agar gairah kaum muda dalam berbisnis dapat tersulut, Paundra Noorbaskoro pun memaparkan peluang bisnis di sektor perikanan. Salah satu peluang tersebut adalah dengan menciptakan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menjangkau hasil laut nelayan. Peluang yang dilihat oleh Paundra Noorbaskoro ini, merupakan cikal bakal terciptanya start-up Growpal.


Melalui webinar kali ini, Paundra Noorbaskoro tak hanya berbagi wawasan seputar sektor perikanan Indonesia. Ia juga menjelaskan bagaimana inovasi teknologi dapat mengubah sektor perikanan Indonesia menjadi lebih maju. Sebab, inovasi teknologi seperti Growpal ini sangat membantu para nelayan Indonesia dalam memasarkan hasil tangkapannya bahkan hingga ke kancah internasional.


Webinar kewirausahaan yang diselenggarakan oleh PPKKHA ini telah berhasil menarik antusiasme para peserta yang terdiri dari Ksatria Airlangga dan juga masyarakat umum. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan selama sesi tanya-jawab berlangsung. Tak hanya bertanya melalui Zoom Meeting, mereka juga bersemangat bertanya melalui YouTube Live Streaming.




Penulis: Seila Shofyan



Link
Dilihat 19 kali