Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Mengasah Jiwa Pemimpin bersama Laksma (Purn) Nora Lelyana

Berita Umum | 05 Nopember 2020 08:03 wib
Webinar Airlangga Career Club Kembali diselenggarakan oleh PPKKHA Unair pada Rabu, 21 Oktober 2020 lalu. Pada sesi di hari itu, PPKKHA menghadirkan pembicara yang merupakan wanita hebat di dunia kemiliteran yaitu Laksma TNI (Purn) Dr. Drg. Nora Lelyana MHKes., FICD. Wanita yang juga menjabat sebagai Dekan FKG UHT ini mengangkat topik tentang “Caring Leadership” untuk dibahas dalam sesi webinar kala itu.


Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora merupakan alumni Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga. Kariernya di dunia militer sebagai SEPAMILWA WANITA ABRI pada tahun 1987. Memasuki tahun 2000-an, karier Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora di bidang militer makin melejit. Hal ini dibuktikan dengan berbagai jabatan dan pangkat yang berhasil beliau duduki, salah satunya; Komandan Lanal Dumai, Sekretaris Puskes TNI, hingga Kadiswatpersal.


Melihat dari sepak terjangnya di bidang militer tersebut, pengalaman beliau dalam hal kepemimpinan pun tak dapat diragukan lagi. Melalui kesempatan itu, Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora pun berbagi kepada seluruh peserta webinar ACC yang hadir tentang bagaimana mengasah nilai-nilai kepemimpinan dalam diri. “Pemimpin adalah orang yang diberi kepercayaan sebagai ketua dalam sebuah sistem di organisasi atau perusahaan”, tukasnya ketika menjelaskan definisi dari pemimpin itu sendiri.


Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora pun menegaskan bahwa dalam membentuk nilai-nilai kepemimpinan dalam diri diperlukan proses yang panjang dan kompleks. Keterlibatan diri dalam banyak kegiatan sosial dan organisasi sangat mempengaruhi terbentuknya jiwa kepemimpinan dalam diri. “Dalam leadership, diperlukan proses dalam mempengaruhi sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama”, begitulah pendapatnya tentang esensi dari kepemimpinan.


Tak hanya bicara soal bagaimana cara mengasah nilai-nilai kepemimpinan dalam diri, Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora juga menegaskan bahwa menjadi pemimpin merupakan suatu amanah yang wajib dipertanggungjawabkan. Menurutnya, sosok pemimpin yang baik adalah mereka yang dapat menginspirasi, memiliki visi, memberdayakan orang, dan membawakan perubahan positif bagi sekitarnya.


Selama webinar berlangsung, Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora juga menampilkan foto-foto dokumentasi perjalanannya dalam meniti karier. Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora juga kerap kali terlihat berbaur dengan tokoh-tokoh terkenal di Indonesia, termasuk Presiden Joko Widodo. Melalui webinar tersebut, Laksma (Purn) Dr. Drg. Nora berharap dapat memotivasi seluruh peserta yang hadir dalam meraih impian di masa depan.




Penulis: Seila Shofyan

Link
Dilihat 47 kali