Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Siap Berwirausaha di Era Digital bersama Airlangga Entrepreneur Club

Berita Umum | 04 Nopember 2020 08:06 wib
Rabu, 7 Oktober 2020, PPKKHA Universitas Airlangga melakukan webinar kolaborasi dengan tiga perusahaan besar sekaligus yaitu EY Indonesia, Payfazz, dan Magnus Digital. Webinar Airlangga Entrepreneur Club ini digelar dalam tema “Basics on Entrepreneurship in Digital Era for Youth” dengan tiga narasumber profesional dari masing-masing perusahaan. Bukan tanpa alasan, tema ini diusung sebagai wujud perhatian PPKKHA dalam membekali mahasiswa agar dapat bersaing di era digital. Webinar ini berhasil menarik antusiasme peserta yang terdiri dari 200 mahasiswa dan masyarakat umum.


Di era digital seperti saat ini, manusia mengalami kemajuan hidup yang sangat pesat melalui pemanfaatan teknologi digital, khususnya internet. Tak hanya mempengaruhi aspek ketenagakerjaan, hadirnya teknologi digital juga membuat pola kewirausahaan menjadi berubah. Transaksi tak lagi membutuhkan pertemuan antara penjual dan pembeli. Hanya dengan sekali klik, proses transaksi pun bisa tetap berjalan walau dalam jarak jauh.


Isu inilah yang menjadi latar belakang diangkatnya tema “Basics on Entrepreneurship in Digital Era for Youth” dalam webinar Airlangga Entrepreneur Club tersebut. Melalui sesi webinar ini, PPKKHA mengajak kaum pemuda agar lebih siap bersaing dalam berwirausaha di era digital. Materi yang disampaikan pun beragam; mulai dari tantangan berwirausaha di era digital, kiat-kiat memanfaatkan teknologi digital dalam berbisnis, hingga teknis menjalankan digital marketing yang berdampak positif bagi penjualan.


Menurut Bangkit Kuncoro, salah satu pemateri yang juga merupakan bagian dari EY Indonesia Consulting Partner, presentasi transaksi secara online mengalami peningkatan drastis di tahun 2020 ini, khususnya sejak pandemi melanda. Kehadiran smartphone yang hampir dimiliki semua orang menjadi faktor utama mengapa belanja secara online menjadi tren di kalangan masyarakat.


Berkaitan dengan pandangan tersebut, Pradhana H.S (Managing Director dari Magnus Indonesia) juga memiliki pendapat yang sama. Pradhana juga memaparkan data peningkatan penggunaan transaksi online di kalangan pembeli dan pemilik usaha di Indonesia. “Digital platform menjadi faktor utama yang memegang peran penting dalam keberhasilan transaksi online’, tutur Pradhana dalam materinya. Tak hanya menjelaskan pentingnya peran digital transform, Pradhana juga menjelaskan bagaimana kiat-kiat memasarkan produk/jasa melalui digital transform secara efektif.


Tak hanya itu, webinar ini juga mengajak para peserta untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana menjalankan bisnis start-up. Materi oleh Hendra Kwik (CEO dari Payfazz) ini diawali dengan pemaparan berbagai start-up yang tergolong populer di Indonesia bahkan di dunia. Dengan memberikan wawasan tentang dunia start-up, Hendra Kwik berharap para pemuda Indonesia dapat lebih termotivasi untuk terjun di bisnis yang cukup menjanjikan ini.




Penulis: Seila Shofyan


Link
Dilihat 38 kali