Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Pelatihan Karier untuk Ksatria Airlangga agar Siap Berkarier di Masa Pandemi

Berita Umum | 28 Oktober 2020 12:03 wib
Pandemi Covid-19 membuat pola hidup manusia di segala sektor menjadi berubah dari biasanya. Tak terkecuali sektor ekonomi dan ketenagakerjaan. Banyak perusahaan yang gulung tikar. PHK masal pun marak terjadi. Ketersediaan lapangan kerja kian menyusut drastis. Namun di sisi lain, persaingan antar pencari pekerjaan ketatnya bukan main. Muda-mudi yang sedang di usia produktif benar-benar diuji ketangguhannya dalam mendapatkan pekerjaan. Untuk menyiasati krisis ini, PPKKHA Unair mengadakan pelatihan karier khusus yang bertujuan untuk membekali Ksatria Airlangga dalam menghadapi tantangan berkarier selama pandemi Covid-19.


        Pelatihan karier ini dilaksanakan dalam dua sesi yang bertemakan mempersiapkan diri dalam berkarier dan berwirausaha di masa pandemi Covid-19. Pelatihan karier yang dilaksanakan secara daring selama 6-7 Oktober 2020 ini menghadirkan tiga pembicara profesional meliputi; Prof. Dr. Elly Munadziroh, drg., MS. selaku ketua PPKKHA Unair, Dr. Hamidah, M.Si.psi selaku pakar pengembangan Intrapreneur, dan Derek Laurendeau yang merupakan seorang English trainer di Wall Street English.


        Topik seputar kewirausahaan disampaikan oleh Prof. Dr. Elly Munadziroh. Dalam sesinya, Prof. Elly menegaskan bahwa dibutuhkan nyali dan kemauan yang kuat dalam memulai bisnis di masa pandemi ini. Prof. Elly juga berbagi tentang apa saja yang bisa dilakukan jika ingin memulai bisnis. “Tentukan dahulu tren apa yang sedang marak di pasaran, lalu kembangkan dengan inovasi dan ide kreatifmu sendiri”, ungkap Prof. Elly. Tak hanya itu, Prof. Elly juga menyarankan untuk menemukan mentor berwirausaha terpercaya dan membentuk tim yang tangguh agar merintis bisnis terasa lebih mudah.


        Selanjutnya, topik seputar berkarier disampaikan oleh Dr. Hamidah dan Derek Laurendeau. Dalam pelatihan karier ini, Dr. Hamidah menyampaikan beberapa tip yang sangat berguna ketika menghadiri wawancara kerja di masa pandemi. Menurut Dr. Hamidah, mengikuti instruksi perusahaan dan melakukan negosiasi jika terjadi kendala terkait jadwal menjadi poin penting yang harus diperhatikan sebelum peserta menghadiri wawancara. Tak hanya itu, Dr. Hamidah juga membeberkan rahasia seputar pertanyaan yang sering muncul saat wawancara.


      Berbeda dari Dr. Hamidah, Derek Laurendeau berbagi kiat-kiat jitu dalam membuat CV. Dalam materi yang disampaikannya, Derek Laurendeau memberikan contoh CV yang benar dan berkesan bagi para recruiter. Tak cukup dengan memberikan contoh, Derek Laurendeau juga menjelaskan dan membedah konten-konten apa saja yang harus ada dan tidak perlu dicantumkan di CV. “It is better to fail in originality than to succeed in imitation”, tukasnya ketika menyinggung soal pentingnya orisinalitas konten dalam CV pelamar.


        Pelatihan karier yang diikuti oleh lebih dari 300 peserta ini mendapat respons positif dari banyak pihak. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang aktif bertanya selama sesi pelatihan karier. Dengan diadakannya pelatihan karier ini, PPKKHA berharap peserta menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan berkarier di masa pandemi Covid-19.




Penulis: Seila Shofyan

Link
Dilihat 67 kali