Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Tips Mencari Kerja: Dari Lamaran Kerja hingga Pengembangan Soft Skills

Berita Umum | 08 September 2020 09:12 wib
Salah satu alumni Fakultas Psikologi Universitas Airlangga diundang oleh Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan, dan Hubungan Alumni (PPKKHA) untuk menjadi narasumber dalam seminar Airlangga Career Club (ACC). ACC merupakan salah satu program PPKKHA yang diselenggarakan rutin setiap minggunya.



Pada kesempatan kali ini, PPKKHA mengundang Agung Kurnia Sejati. Beliau adalah alumni Psikologi Unair yang saat ini merupakan Head Of Sub Dept. PT. Japfa Comfeed Indonesia. Tema seminar yang diusung adalah “Job Seeking Tips: Start From Your Job Application, Develop & Maintain. Seminar dilaksanakan pada Jumat, 21 Agustus 2020.


Narasumber memulai materinya dengan melontarkan beberapa pertanyaan kepada para peserta yang hadir melalui Zoom Meeting. Pertanyaan yang dilontarkan meliputi apa yang akan peserta lakukan setelah lulus kuliah? Apakah akan mencari pencari kerja atau pencipta lapangan kerja.


Selanjutnya, narasumber menjelaskan tahapan dalam pencarian Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan. Tahapan-tahapan yang dimaksud meliputi penentuan jabatan apa yang perlu diisi. Kemudian menentukan kriteria yang diperlukan dan berlanjut pada seleksi untuk menentukan kecocokan antara job requirements dengan kompetensi calon karyawan.


Agung Kurnia Sejati memberikan pesan kepada para peserta agar berhati-hati pada saat melamar pekerjaan. Hal-hal yang sangat perlu diperhatikan pada saat melamar pekerjaan adalah memperhatikan format yang diminta oleh perusahaan, meneliti ulang lampiran yang diberikan, memastikan bahwa nomor HP yang digunakan untuk melamar merupakan nomor yang masih aktif dan stand by 24/7.


“Pastikan tujuan atau alamat perusahaan banar. Pastikan antara lampiran dengan penjelasan di awal klop. Pastikan lampiran relevan dengan posisi yang sedang dilamar. Pastikan postingan di sosmed Anda tidak melanggar norma. Pastikan harga jual sebanding dengan kualitas Anda. Dan cari tahu tentang perusahaan yang sedang Anda lamar dan kompetitornya”, tegas narasumber.


Jika telah melakukan submit job application, sebaiknya pelamar tidak hanya menunggu pengumuman saja. Akan tetapi, melakukan hal-hal yang bermanfaat. Seperti mengupgrade skill, bergabung dengan komunitas sosial, belajar lebih banyak lagi, dan melakukan diskusi dengan banyak orang.


Seminar yang berlangsung selama 2 jam melalui Zoom Meeting ini mampu menarik banyak peserta. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh para peserta. Sebanyak 300 peserta hadir dalam Zoom Meeting, sedangkan peserta yang tidak bisa masuk dalam Zoom Meeting mengikuti seminar melalui live streaming pada kanal Youtube Official PPKK Unair.


Penulis: Rainyta Andyana Putri



Link
Dilihat 108 kali