Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Frequently Asked Questions

 

     Jobseeker     

Apa itu PPKK?

PPKK atau Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan adalah Lembaga yang mengkoordinir semua kegiatan pencarian kerja bagi lulusan baru, mengembangkan kegiatan civitas akademika dalam kerjasama dengan stake holders (masyarakat dan dunia usaha) untuk mengintegrasikan kegiatan akademik dengan dunia kerja.

Bagaimana caranya mendaftar menjadi member PPKK?

Silahkan melakukan registrasi disini. Dan melengkapi data diri/CV

Apakah member PPKK hanya untuk mahasiswa atau alumni UNAIR saja?

Tidak, mahasiswa atau alumni diluar UNAIR / umum dapat mendaftar dengan memilih tipe keanggotaan “Member Jobseeker Lifetime Non Alumni” pada link berikut.

Bagaimana dengan alumni / mahasiswa UNAIR?

Khusus untuk alumni / mahasiswa UNAIR  dapat mendaftar dengan memilih tipe keanggotaan “Member Jobseeker Lifetime Alumni/Mahasiswa” pada link berikut.

Saya alumni / mahasiswa UNAIR, tetapi NIM yang saya masukkan tidak terdaftar?

Jika NIM Anda belum terdaftar silahkan mengisi form berikut bit.ly/RegistrasiNIMAlumni.

Bagaimana jika saya sudah mendaftar menjadi member di web lama?

Jika Anda sudah pernah mendaftar di web lama sebagai member, mohon untuk melakukan registrasi ulang.

Apa saja keuntungan menjadi member?

Sebagai Member PPKK UNAIR, Anda akan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan serta dapat melakukan lamaran secara online melalui website PPKK. Anda juga dapat mengikuti event-event yang diadakan oleh PPKK UNAIR seperti jobfair, pelatihan softskill, konsultasi karir dan lain-lain.

Bagaimana caranya melamar lowongan secara online melalui web PPKK?

Setelah melakukan registrasi, silahkan login untuk masuk ke akun Anda. Pastikan data diri/CV Anda sudah dilengkapi. Pilih menu Informasi Karir -> Lowongan kemudian tekan tombol Lamar pada lowongan kerja yang ingin Anda lamar.

Bagaimana jika saya lupa password untuk login?

Silahkan memilih “forgot password” pada form login. Masukkan email yang telah Anda daftarkan. Tunggu email masuk untuk mendapatkan password baru.

Setelah membuat akun, kenapa saya tidak mendapatkan email aktivasi dari PPKK?

Silahkan cek folder spam di halaman email anda. Jika terhapus atau memang tidak ada, silahkan kontak customer service yang tertera di halaman kontak kami untuk validasi manual.

Kenapa saya tidak mendapatkan panggilan tes?

Perusahaan akan menghubungi pelamar. Kemungkinan Anda tidak mendapat panggilan tes adalah karena data diri Anda tidak sesuai dengan ketentuan dan syarat yang diinginkan perusahaan. Cek kembali data diri, CV dan syarat-syarat dokumen yang diperlukan sebelum memasukkan lamaran. Adapun beberapa perusahaan melakukan secara offline.

Saya sudah daftar, tetapi ketika login tidak bisa padahal password benar?

Silahkan menekan "Lupa kata kunci" terlebih dahulu, password baru akan dikirim melalui email (cek spam jika tidak ada). Setelah mendapat password baru silahkan login lagi, Anda bisa memperbarui password agar mudah diingat.


     Employer     

Bagaimana caranya mendaftar menjadi mitra PPKK?

Perusahaan/mitra PPKK dapat melakukan registrasi disini.

Saya telah menjadi mitra PPKK, Apakah perlu untuk mendaftar ulang dan bagaimana saya masuk kedalam akun perusahaan saya?

Jika sudah mendaftar sebagai mitra PPKK, perusahaan tidak perlu mendaftar ulang. Perusahaan dapat masuk kedalam akun perusahaan dengan username email perusahaan dan password yang telah didapatkan sebelumnya.

Apa prosedur yang harus dilakukan jika perusahaan ingin publikasi informasi lowongan pekerjaan melalui PPKK?

Perusahaan mengirimkan surat permohonan kerjasama pemasangan iklan lowongan pekerjaan beserta info lowongan pekerjaan (dalam format dokumen yang didalamnya terdapat detail info lowongan pekerjaan) ke PPKK atau melalui email adm@ppkk.unair.ac.id untuk pemasangan iklan lowongan pekerjaan.

Berapa biaya untuk mengirimkan lowongan pekerjaan?

Silahkan hubungi kami melalui email adm@ppkk.unair.ac.id untuk berbicara mengenai biaya jasa kami.

Bagaimana perusahaan dapat melihat pelamar lowongan pekerjaan di web baru?

Setelah melakukan registrasi, silahkan login menggunakan akun yang sudah didapatkan. Web akan menampilkan Dashboard akun perusahaan, kemudian pilih menu Lowongan. Lalu pilih rekap pada kolom option untuk melihat daftar pelamar lowongan pekerjaan.

Bagaimana perusahaan dapat melihat jumlah pelamar yang sudah ada di web lama, apakah sudah ada di web baru?

Untuk daftar pelamar dari web lama, belum ada di web baru. Perusahaan dapat menghubungi kami melalui email di adm@ppkk.unair.ac.id. Kami akan mengirimkan kembali daftar pelamar dari web lama melalui email.

Perusahaan sudah mengirimkan lowongan pekerjaan di web lama, Apakah ada di web baru?

Lowongan pekerjaan perusahaan terdapat pada menu Informasi karir -> Lowongan pada web baru. Jika didapati belum terdapat lowongan pekerjaan dari perusahaan, silahkan menghubungi kami.