Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Digital Marketing dan Kompetisi : Rangkaian Bootcamp PMW 2020

Berita Umum | 16 Mei 2020 11:00 wib
Fardi Yandi yang merupakan founder @socialkreatif menjadi narasumber dalam rangkaian Bootcamp part 2 Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2020. Digital Marketing dan Competition (DMC) ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan melalui Zoom Meeting.


Pada pertemuan ketiga, yang dilaksanakan pada Jumat, 08 Mei 2020 lalu, materi yang diberikan dalam DMC adalah mengenai Sales Funnel. Sales Funnel adalah kunci dalam mengukur dan mengelola bisnis.  Hal ini berkaitan dengan perjalanan mulai dari bagaimana seorang pebisnis mengundang pengunjung atau calon konsumen, lalu mendapatkan kontaknya. Kontak itu nantinya dapat menjadi database bagi penjual untuk dijadikan prospek bisnis.


Fardi menyatakan bahwa konsep yang perlu ditanamkan dalam berbisnis agar menarik banyak peminat adalah menginvestasikan 97% waktu untuk market. Artinya, dibandingkan membuat konten untuk fokus pada market yang hanya 3%, lebih baik menginvestasikan waktu untuk market 97%.


“Konsepnya adalah membangun taman untuk mendatangkan kupu-kupu, bukan fokus menangkap kupu-kupu. Yang dimaksud kupu-kupu di sini adalah closingan kita”, ungkap Fardi.


Beliau juga menjelaskan tahapan yang dilalui oleh konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Pertama kali, konsumen biasanya bersifat skeptis terhadap suatu produk maupun jasa. Tahapan selanjutnya mulai tahu, mulai kenal, mendapatkan insight, jatuh hati, hingga trust. Proses dari skeptis menuju  trust dapat terjadi dengan memanfaatkan konten marketing.


“Kelola konten kalian semenarik mungkin. Buatlah konten yang 70% berisi tentang edukasi, dan 30% tentang produk atau jasa yang kalian tawarkan. Buat konten edukasi yang berhubungan dengan bisnis kalian”, terang Fardi.


Narasumber menyampaikan bahwa mengumpulkan database menjadi hal yang sangat penting. Mengumpulkan database dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang paling efektif adalah dengan membagikan e-book gratis melalui email dan Whatsapp. Narasumber juga mengenalkan platform Sarang Semut kepada peserta PMW.


Platform Sarang Semut memiliki manfaat untuk mengumpulkan konten-konten berkualitas. Tujuannya,  agar orang-orang yang mengunjungi Sarang Semut kita lebih mudah mendapatkan informasi yang sudah kita kumpulkan. Hal penting lainnya adalah kita bisa mengumpulkan data dari platform itu. Selain itu, kita juga bisa melihat data traffic pengunjung’, ungkap Fardi sebelum mengakhiri materinya.  


Dalam rangkaian Bootcamp part 2 ini, peserta diminta untuk melakukan selling competition dengan target omzet yang telah ditentukan. Peserta yang dapat mencapai target dan memiliki penilaian yang baik selama rangkaian Bootcamp akan lolos pada tahapan seleksi selanjutnya. Sebaliknya, peserta yang tidak mencapai target dan memiliki nilai yang kurang dalam rangkaian Bootcamp maka akan gugur.


Penulis: Rainyta Andyana Putri

Link
Dilihat 65 kali