Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Kuliah Online Bersama Sandiaga Uno

Berita Umum | 14 Mei 2020 09:28 wib
Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA) bekerja sama dengan Rumah Siap Kerja telah menyelenggarakan Kuliah Online Bersama Sandiaga Uno dengan tema "Menjaga Stabilitas dan Kreativitas Mahasiswa di Masa Pandemi".


Kuliah online ini dilaksanakan pada Jumat,  08 Mei 2020 pukul 12.30 WIB. Meskipun terjadi perubahan jadwal, yang mulanya dimulai pukul 09.30 WIB, peserta tetap antusias untuk mengikuti kuliah online tersebut.


Lebih dari 1.800 peserta mendaftarkan diri dalam kuliah online ini. Kegiatan dilaksanakan melalui Zoom dengan kapasitas seribu orang. Untuk mengatasi peserta yang melebihi batas kuota tersebut, PPKKHA juga melakukan live streaming pada kanal Youtube Official PPKKHA UNAIR.


Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh ketua PPKKHA, Prof. Dr. Elly Munadziroh drg., MS. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga, Dr. M. Hadi Shubhan., S.H., M.H., CN. Hadi Shubhan menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang dijalin oleh Rumah Siap Kerja (RSK). Dalam hal ini RSK juga memberikan beasiswa kepada empat mahasiswa Unair yang sudah dipilih oleh Kemahasiswaan.


Dr. Tri Siwi Agustina, SE., M.Si. selaku Koordinator Bidang Kewirausahaan PPKKHA menjadi moderator dalam kuliah online ini. Dalam materinya, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa COVID-19 telah menghentikan laju ekonomi dunia secara merata. Beliau menyebutkan penurunan ekonomi di Amerika mencapai 3,3%, China mencapai 2%, dan negara-negara lainnya juga mengalami penurunan.


Dampak dari COVID-19 ini juga terjadi di Indonesia. Pemateri menyampaikan dalam presentasinya bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menngungkapkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2020 di luar perkiraan pemerintah. Berdasarkan forecast yang dibuat Kementerian Keuangan berada di kisaran 4,5-4,6 di kuartal I-2020.

“Beberapa sektor mengalami penurunan penjualan, lainnya mengalami lonjakan permintaan, namun tak mampu menyesuaikan kapasitas”, ungkap Sandi.


“Contoh sektor usaha yang mengalami peningkatan permintaan adalah internet dan komunikasi, digital tools, sektor kesehatan, maintenance rumah tangga. Lonjakan permintaan terjadi, akan tetapi juga banyak kekurangan bahan baku atau issue kapasitas”, tambahnya.


Sebelum mengakhiri kuliahnya, Sandiaga Uno memberikan tips kepada seluruh peserta tentang apa yang bisa dilakukan di masa pandemi ini. Pertama, mencari ide bisnis baru yang sesuai dengan tren. Kedua, daftarkan bisnis di e-commerce agar jangkauannya dapat meluas. Ketiga, sebarkan di media sosial.


Seluruh peserta antuasis dalam mengikuti kuliah online ini. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh para peserta. Tidak hanya dari Unair, peserta yang hadir dalam seminar online merupakan peserta dari berbagai penjuru di Indonesia. Diharapkan ke depannya kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat.  


Penulis: Rainyta Andyana Putri

Link
Dilihat 34 kali