Loading...

Universitas Airlangga

Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA)

Strategi Menembus Dunia Kerja di Era Milenial

Berita Umum | 09 Mei 2020 15:14 wib
Rabu, 06 Mei 2020 melalui Zoom, Pusat Pembinaan Karir, Kewirausahaan,dan Hubungan Alumni (PPKKHA) telah menyelenggarakan seminar rutin Airlangga Career Club (ACC). Seminar minggu ini mangangkat tema “Public Career Course: Strategi Menembus Dunia Kerja di Era Milenial”.


Herlina Eka Subandriyo Putri, M.Psi.,Psikolog yang merupakan  Direktur Chaakra Consulting diundang untuk menjadi narasumber dalam seminar tersebut. Narasumber merupakan alumni Psikologi Universitas Airlangga yang menekuni bidang profesi psikolog industri dan organisasi.


Pada seminar yang dilaksanakan pukul 13.00 WIB tersebut, narasumber mengawali materi dengan menyampaikan tren rekrutmen di era digital dan pengertian dari rekrutmen.  Beliau menyampaikan bahwa rekrutmen adalah proses mencari, menemukan, mengajak, dan menetapkan sejumlah orang dari luar atau dalam perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu sesuai perencanaan sumber daya manusia.


Selanjutnya, narasumber menyampaikan data yang bersumber dari Invinity Social Media and Jobcast tentang penggunaan sosial media dalam merekrut calon pekerja. Pada poin pertama dari data tersebut tertulis bahwa 94% recruiters menggunakan atau merencakan untuk menggunakan sosial media untuk merekrut pekerja.


Pada poin kedua, 70% recruiters berencana untuk mengembangkan investasi mereka pada social recruiting. Sedangkan 49% employers yang menggunakan sosial media untuk menemukan peningkatan dalam kualitas kandidat.

  

Herlina yang merupakan Direktur Chaakra Consulting itu menyebutkan beberapa perusahaan yang terdaftar di Chaakra Online System (CHOISE). Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan panduan menggunakan Chaakra Online System (CHOISE).


Narasumber membagi materi menjadi beberapa sesi. Pada sesi kedua, beliau menyampaikan bagaimana persiapan yang dibutuhkan dalam seleksi. Menurutnya, para pencari kerja harus selalu menggunakan nomor HP atau email yang aktif untuk melakukan korespondensi dengan perusahaan yang dilamar. Para pencari kerja juga harus memperhatikan tanggal, ketika  memasukkan lamaran ke setiap perusahaan, kemudian menyusun smart list untuk setiap surat lamaran yang sudah dimasukkan pada  perusahaan tujuan.


Membuat smart list terdiri dari tanggal, nama perusahaan, alamat, dan progres seleksi. Pencaker juga harus terus update informasi mengenai tanggal penting dan syarat kelengkapan yang harus dibawa dan menyusunnya  di smart list.


 “Stamina dalam mencari kerja perlu untuk disiapkan. Jangan lupa sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat tes, Istirahat yang cukup, dan jangan gugup! Penampilan saat berada di lingkungan profesional perlu untuk diperhatikan. Cara berpakaian, image, dan impresi yang kalian tunjukkan memegang peran penting. Ketahuilah bahwa 99,9% first impression baik akan memberikan hasil yang memuaskan”, ungkap pembicara.


“Pada saat interview berikan jawaban yang memuaskan dan contoh yang konkrit. Kembangkan koneksi dengan interviewer. Ingat nama interviewer dan sebutkan namanya saat interview. Tunjukkan bahwa kalian memilki pengetahuan tentang perusahaan. Tenangkan diri kalian, interview bukan ujian. Interview sama dengan sell yourself.  Self confidence is the best outfit. Rock it and own it”, tambahnya.


Penulis: Rainyta Andyana Putri

Link
Dilihat 52 kali