Andi Hartanto Soesatya

Andi Hartanto Soesatya atau sapaan akrabnya Mas Andi merupakan salah satu dari alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga yang sukses dalam berkarir di ibukota. Mas Andi lulus dengan predikat cum laude (IPK : 3,59) yang ditempuh hanya dalm waktu tujuh semester. Prestasi akademiknya sudah terlihat sejak masa SMA, dimana Mas Andi menjadi lulusan dengan nilai tertinggi di Kategori A3 (IPS) dan dengan modal itu, Mas Andi masuk ke FH Unair melalui jalur PMDK (tanpa tes). Setelah lulus dari FH unair, Mas Andi memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kerja dengan motivasi terbesarnya adalah membantu pengobatan sang ibunda yang sedang sakit. Karirnya dimulai pada tahun 1992 dimana Mas Andi diterima sebagai Legal Officer Sales Operation (HSO), PT Astra International Tbk.

Bagi Mas Andi, pengalaman yang sangat mengesankan pada momen awal Mas Andi bekerja dimana dirinya harus berkeliling seluruh Indonesia untuk memberikan sosialisasi jaminan kepada mean dealer Astra. Ia bertugas memberikan sosialisasi dan pemahaman bahwa selain Bank, Astra pun dapat memberikan pinjaman kepada para dealer untuk pengambilan produk perusahaan dengan jaminan showroom atau gudang.

Berkat kerja keras dan kemauan terus belajar, karir Mas Andi terus menanjak. Pada tahun 2000, Mas Andi sempat menjabat sebagai Legal Manager di PT Federal Motor. Kemudian pada tahun 2001 hingga saat ini, Mas Andi menjabat sebagai General Manager of Corporate Secretary & Legal PT Astra Honda Motor. Di samping itu, Sejak 1 Agustus 2008, Mas Andi melaksanakan tugas sebagai Sekretaris Pengurus Yayasan Astra Honda Motor.

Motto hidup Mas Andi khususnya dalam menjalani karir, ia percaya bahwa setiap tahapan yang ia lalui adalah untuk menjadi "the right man in the right place at the right time". Dan untuk menjadi orang yang tepat ditempat yang tepat pada saat waktu yang tepat, Mas Andi juga menanamkan rasa sabar, elling terimo (sabar, ingat dan menerima). Bila ada kehendak yang tidak bisa diraih dalam hidup sejatinya manusia harus sabar, ingat dan menerima. Sebabselalu ada kehendak Tuhan di atas segalanya. Mas Andi ppun bersyukur karena Astra mendukung keinginaanya untuk menyelesaikan studi S2.