Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan telah menyelenggarakan seminar dengan tema Writerpreneur: How to Boost Your Content - Creation Skill pada Kamis (28/05/2019). Seminar yang dilaksanakan di aula Parlinah Perpustakaan Kampus B Universitas AIrlangga ini mengundang dua pembicara, yaitu Haflan Alfiri selaku juara lomba essay I Event Hunter Indonesia dan Akhyari Hartanto selaku Founder Good News From Indonesia (GNFI)  yang kemudian digantikan oleh Santi  karena beliau berhalangan hadir.

Pembicara pertama menyampaikan materi tentang pentingnya menulis. Haflan pernah memenangkan lomba esai sebagai juara pertama. Haflan banyak menyampaikan hal-hal penting yang berkaitan dengan bidang tulis menulis. Di akhir penyampaian materinya Haflan memberikan quotes dari Pramoedya Ananta Toer, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” 

Pembicara kedua yang merupakan perwakilan dari pihak Good News From Indonesia (GNFI) menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan perkembangan GNFI. GNFI mulai dikenal dari Kaskus. Isu yang diangkat adalah meletusnya  Gunung Tambora di Indonesia. Tidak banyak yang tahu bahwa  abu akibat dari letusan Gunung Tambora  sampai ke Inggris. Pada saat itu sumber awal yang digunakan oleh GNFI berasal  dari jurnal.

Seminar yang dimulai pukul 12.00 WIB ini menarik banyak peserta. Fahri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga menanyakan tentang bagaimana meningkatkan traffic web. Selain itu Fahri juga menanyakan mengenai program magang yang ada di GNFI.  Sabrina mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Airlangga menanyakan terkait cara membedakan sumber terpercaya dan sebaliknya, mengingat bahwa saat ini sangat marak adanya berita-berita hoax.

Pembicara kedua menjelaskan bahwa cara untuk mengoptimalisasikan web adalah dengan optimalisasi keyword. Cara paling mudah adalah gunakan keyword yang paling banyak  dicari orang  di google. Hal ini bisa dilihat melalui google tren. Cara lain yang dapat digunakan adalah menggunakan strategi Search Engine Optimization (SEO).

GNFI sendiri juga memiliki program  magang, yaitu tiap  3 bulan terdapat 10 mahasiswa yang akan diterima magang.  Sedangkan mengatasi berita hoax, GNFI melakukannya dengan cara mencari media yang berlevel nasional. Selain itu  mengonfirmasikan terlebih dahulu ke instansi yang akan ditulis. Pihak GNFI juga menyatakan bahwa jurnal adalah salah satu sumber luar biasa tapi jarang digunakan.

 

Post Views : 37 times