Rabu, 23 Januari 2019 PPKK UNAIR telah mengadakan seminar bidang karir dengan tema Siap Kerja, Siap Berkarya, Siap Berdaya. Seminar ini mengundang narasumber Bapak Bayu Wicaksono. Bapak Bayu Wicaksono merupakan HR Business Partner di PT Bama Berita Sarana. Beliau menjelaskan mengenai hal-hal penting yang perlu dilakukan maupun dihindari ketika melamar pekerjaan. Mulai dari pembuatan CV, pengiriman email, bermacam-macam tes yang akan dijalani, hingga cara menghadapi proses interview.

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti seminar. Tidak hanya mahasiswa UNAIR yang hadir, tetapi dari berbagai instansi pun turut hadir. Seminar yang dilaksanakan di ruang Parlinah perpustakaan UNAIR ini dihadiri lebih dari 80 peserta.

Dalam proses wawancara adakah kesempatan bagi kita untuk memberikan masukan ataupun saran kepada perusahaan yang kita lamar? Kalaupun boleh, bagaimana cara kita menyampaikan saran agar tetap terlihat sopan dan tidak terkesan menggurui?”, tanya Aldian yang merupakan mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga angkatan 2015 itu.

Pak Bayu menjawab bahwa pelamar diperbolehkan memberikan saran dengan catatan tetap menjaga kesopanan. Yaitu dengan cara berbicara sopan dan pengolahan bahasa yang baik. Hal itu dapat dipelajari dengan cara membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan orang di atas kita.

Ke depannya seminar ini dapat membantu para peserta untuk lebih mudah dan lebih paham dalam menjalani proses perekrutan kerja. Mulai dari awal hingga akhir proses pelamaran. 

Post Views : 56 times