Kamis 4 Oktober 2018, telah terselenggara acara Kompas Saba Kampus dengan tema "Peran Generasi Milenial Terhadap Industri Media yang Kekinian". Berlangsung di Aula Kahuripan 300 Gedung Rektorat Universitas Airlangga, acara ini ramai dipenuhi oleh peserta mencapai jumlah 500 orang yang berasal dari kalangan mahasiswa Universitas Airlangga Sendiri. Dalam rangkaian acara ini terdapat 3 seminar dengan 3 pembicara langsung dari perusahaan Kompas, yaitu Mohammad Bakir (Managing editor), Ayu Kartika IL (HRD Manager), serta Kristanto Hadisaputro (Data and Information Manager). Bersangkutan dengan tema yang dibawakan, dalam seminar kali ini banyak membahas tentang bagaimana peran Kompas sendiri sebagai media yang menjadi sarana penyalur informasi secara langsung ke masyarakat khususnya masyarakat masa kini. Salah satunya adalah cara untuk menangani sekaligus mengurangi efek kegaduhan yang kerap kali dimunculkan oleh media ketika menginformasikan pemberitaan kepada masyarakat. 
Menanggapi hal tersebut Kompas memiliki strategi yakni mengubah Noise menjadi Voice. Pembuatan tajuk atau judul kerap kali menimbulkan kegaduhan, oleh karena itu perlu pemberian pemahaman yang lebih kepada seorang jurnalis tentang cara memberikan kabar secara informatif kepada masyarakat tanpa harus menimbulkan keresahan dan kegaduhan yang kurang diperlukan. Oleh karena itu, Kompas memberikan pendidikan selama kurang lebih 1 tahun kepada calon jurnalis agar benar-benar menjadi seorang jurnalis yang siap terjun langsung. Adapun hal yang menjadi pegangan oleh Kompas sendiri untuk para jurnalis khususnya. Semakin dalam pemahaman atas suatu permasalahan, semakin banyak dan dalam pula hal yang dapat ditulis oleh seorang jurnalis. 
Selain seminar dengan beberapa pembicara tersebut, rangkaian acara ini juga membuka interview secara langsung bagi mahasiswa Universitas Airlangga khususnya yang telah menjadi lulusan atau alumni untuk bergabung menjadi bagian dari Kompas.