Senin (25/06) telah terlaksana Seminar dan Pelatihan Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) Universitas Airlangga. Acara berlangsung di Ruang Kahuripan 300, Kantor Management Kampus C Universitas Airlangga, mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Seminar dan pelatihan ini dibuat untuk memfasilitasi mahasiswa Universitas Airlangga dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja serta wujud kontribusi universitas dalam memperhatikan kelanjutan karir setiap lulusannya. Materi yang disampaikan dalam seminar kali ini meliputi passion and career decision, tips mengatasi kegagalan untuk mencapai kesuksesan, strategi menghadapi asesmen, serta role play.

Seminar dan pelatihan kali ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang berasal baik dari mahasiswa aktif maupun alumni UNAIR. Peserta mendapatkan berbagai materi seputar persiapan diri memasuki dunia kerja dari pihak PPKK UNAIR. Salah satunya adalah cara mempersiapkan surat lamaran yang baik dan menarik. Hal ini menjadi penting untuk disampaikan karena fungsi surat lamaran sebagai halaman depan seringkali dikesampingkan oleh para job seeker yang hanya mementingkan tampilan CV saja.

Selain mendapat materi yang disampaikan oleh pemateri secara lisan, peserta juga mendapat materi melalui praktik langsung. Dalam acara ini, peserta melakukan simulasi mengerjakan soal-soal tes masuk perusahaan. Bukan hanya itu, setelah melakukan tes tersebut, hasil dari tes mereka juga akan diberikan. Sehingga setelah mengikuti simulasi peserta dapat menggunakan hasil ini sebagai tolak ukur kemampuan mereka dalam menghadapi dunia kerja nantinya.