Ternyata Ini 5 Hal yang Dibutuhkan Perusahaan Dalam Merekrut Karyawan

Ternyata Ini 5 Hal yang Dibutuhkan Perusahaan Dalam Merekrut Karyawan
Tahukah kamu, ternyata masalah yang sering dikeluhkan oleh perusahaan biasanya berhubungan dengan perekrutan pegawai yang tidak sesuai baik dari segi karakter maupun kemampuan yang ditawarkan oleh pegawai. Oleh karena itu, apa saja yang dibutuhkan pegawai ketika merekrut calon pegawai mereka? Simak ulasannya berikut, yuk!

1. Tingkatkan Skill Di Era Milenium

Sudah saatnya tingkatkan kemampuan dalam mengoperasikan teknologi yang semakin lama semakin canggih. Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan ialah mengikuti kemajuan teknologi dalam meningkatkan kualitas perusahaan.

2. Siapkan Tujuan Sebelum Bergabung Dalam Perusahaan Tersebut

Apa rencana yang hendak dicapai dalam tujuan? Perusahaan suka dengan karakter yang punya rencana untuk mencapai tujuan. Dengan sederet rencana yang hendak dilakukan, maka karakter yang mendukung lainnya pun juga akan terbentuk seperti berikut ini.

  • Mampu bekerja sama dengan baik dan efektif
  • Selalu memberikan hasil yang optimal dalam menyelesaikan pekerjaan
  • Bekerja sesuai dengan etika yang baik dan sesuai
  • Mampu menghadapi situasi yang tidak terduga
  • Tidak mudah menyerah dalam menghadapi permasalahan

3. Peran Pusat Karir

Disinilah peran pusat karir membentuk dan merubah pemikiran dalam menyiapkan lulusan yang tidak hanya dari segi akademiknya saja. Perusahaan menyukai lulusan yang sering terlibat dengan kegiatan eksternal semacam organisasi atau volunteering.

4. Keep Healthy And Keep Spirit

Banyak perusahaan yang mengeluhkan masalah kesehatan pegawai ketika dilakukan tes kesehatan. Yang sering dijumpai banyaknya pegawai yang mengidap kolesterol dan mata minus. Berdasarkan survey, tingkat kegagalan tahapan medical test berada di antara 30% - 58%. Tentu itu adalah angka yang cukup tinggi. Kesehatan pegawai juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam merekrut pegawai karena sebagai pekerja membutuhkan tenaga yang lebih. Oleh sebab itu, mengatur pola hidup sehat sangat dianjurkan bagi kesehatan pegawai itu sendiri.

5. Be Yourself

Yang dimaksud memiliki sikap yang baik yaitu memiliki sikap yang apa adanya. Sebisa mungkin tidak memperlihatkan keangkuhan ketika diinterview oleh HRD perusahaan. Bersikap yang biasa dan sewajarnya saja. Perusahaan tidak menyukai pegawai yang memiliki arogansi tinggi ketika diinterview. Sebelum bergabung saja sudah menampakkan sikap arogan, bagaimana nanti kalau sudah bergabung? Cukup jadi diri sendiri yang sewajarnya saja.


Seperti yang dikatakan CEO Legendaries GE, Jack Welch “when the rate of change outside exceeds the rate of change inside the end is in sight.” Ketika dunia perbankan berubah dengan cepat sedangkan manajemen kampus perubahannya lambat maka ambang kegagalan melahirkan generasi tangguh akan tersendat sehingga pembangunan bangsa ini juga akan tersendat.


Sumber: Bank Mandiri