Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Menghadiri Job Fair

Halo para  job seeker! Career Fair yang diselenggarakan oleh PPKK sudah di depan mata nih. Bagaimana persiapan yang sudah kalian lakukan? Jangan sampai kalian datang ke Job Fair dengan niat ingin mencari kerja tetapi belum memiliki persiapan sama sekali ya. Nah, buat kalian yang belum tahu persiapan apa saja yang perlu dilakukan, PPKK punya tips agar kalian sukses menghadiri job fair.

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah ketahui perusahaan apa saja yang hadir. Mungkin beberapa dari kalian memiliki pertanyaan, dari mana bisa diketahui perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi.  Baiklah para job seeker, kalian tidak perlu khawatir, sebab penyelenggara job fair tidak akan lupa untuk mencantumkan logo-logo perusahaan di poster yang mereka sebar. Selain itu, kunjungi pula website penyelenggara. Di sana akan tertera jumlah dan daftar perusahaan yang berpartisipasi.

Setelah mengetahui para partisipan, lakukanlah riset mengenai lowongan apa saja yang akan dibuka oleh perusahaan. Carilah lowongan yang kamu inginkan. Setelah itu persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Oh ya, dalam menghadiri job fair kalian harus menyiapkan berkas sesuai dengan jumlah perusahaan yang akan kalian lamar. Siapkan berkas sebaik dan serapi mungkin agar ketika hari-H kalian tidak kalang kabut.

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah menuliskan nama perusahaan yang akan kalian lamar. Perusahaan akan menganggap kalian lebih profesional dan memiliki persiapan jika nama perusahaan sudah kalian ketik sebelumnya. Artinya, bukan tulisan tangan atau pun coret-coretan belaka.  

Antisipasi segala kemungkinan yang terjadi ketika  hari-H dengan membawa berkas cadangan dan perlengkapan lainnya. Seperti pas foto, pulpen, klip, lem kertas, hingga map. Hal itu perlu dilakukan sebab tidak ada yang tahu kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Selanjutnya, pelajarilah denah job fair. Mengetahui denah dapat menghemat waktu kalian. Tentukan rute di perusahaan mana kalian akan mengawalinya. Selain menghemat waktu, menentukan rute sangat menghemat energi kalian. Kalian tidak perlu mondar-mandir dan menghabiskan tenaga.

Penampilan dalam menghadiri job fair sangat diperlukan. Berpenampilanlah seprofesional dan senyaman mungkin. Berpenampilan professional tidak harus ribet. Gunakan kemeja dengan bahan yang dingin dan gunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan. Tidak dapat dipungkiri, job fair adalah acara besar, sehingga akses yang kalian lakukan nantinya juga dalam lingkup yang luas pula.

Job fair adalah ladang pencarian pekerjaan. So, jangan biarkan kesempatan terbuang sia-sia. Datanglah satu atau setengah jam sebelum acara dimulai. Hal ini perlu dilakukan agar kalian tidak berdesak-desakan dan tetap memiliki energi yang baik. Bila perlu bawalah minum untuk mengindari kelelahan.

Carilah kesempatan berbicara dengan HRD. Dengan begitu kalian akan mengetahui lebih jelas mengenai perusahaan dan pekerjaan yang cocok untuk kalian. Menghadiri job fair juga dapat menambah networking. Dengan begitu kalian akan memiliki banyak informasi dan relasi.

Setelah melamar di perusahaan yang kalian inginkan, jangan lupa untuk follow up lamaran yang sudah kalian berikan. Jangan sampai kalian lupa telah mendaftarkan diri di perusahaan apa saja Tips agar tidak lupa, kalian perlu mencatatnya. 

Nah, itu adalah persiapan yang perlu dilakukan oleh kalian para job seeker menurut PPKK. Kalian juga bisa menambahkan hal-hal lain yang menurut kalian perlu untuk dipersiapkan. Saran dari kita adalah terus semangat dan jangan lupa berdoa. Semoga kalian mendapatkan yang terbaik untuk diri kalian. Good Luck!

Post Views : 13 times