Penampilan Profesional saat Melamar Pekerjaan

Ajining rogo soko busono, ajining diri soko lathi. Apakah kalian pernah mendengar pepatah itu? Yah, Itu adalah pepatah Jawa yang berarti kehormatan raga seseorang terletak pada busana yang digunakan, sedangkan kehormatan diri seseorang terletak pada tutur katanya.

Jika ada yang mengatakan bahwa penampilan itu tidak penting, maka hal itu merupakan tanpa tanya besar, sebab seseorang bertemu dengan yang lain hal pertama kali yang dilihat adalah penampilannnya. Sebagaimana saat melamar pekerjaan, kalian sangat perlu untuk berpakaian seprofesional mungkin.

Berpakaian professional saat melamar pekerjaan adalah:

1.      Kemeja Berwarna Putih

Saat menghadiri job fair, kemeja warna putih adalah pilhan yang tepat. Dikatakan demikian karena kemeja berwarna putih cocok digunakan di bidang apapun. Gunakan kemeja dengan bahan yang nyaman. Jangan sampai penampilan kalian menggangu kenyamanan saat beraktivitas.

                  

2.      Jangan  Menggunakan Bawahan Jeans

Pakaian berbahan dasar jeans adalah pakaian yang tergolong casual. Sedangkan pakaian casual tidak cocok digunakan saat melamar pekerjaan. Jadi gunakanlah pakaian yang formal. Seperti bawahan berbahan dasar kain yang tidak mudah kusut dan lecek. Selain itu, akan lebih baik jika pelamar perempuan menggunakan rok dan laki-laki so pasti menggunakan celana. Jangan terbalik ya.

 

3.      Gunakan Sepatu Pantofel

Sepatu pantofel sangat cocok digunakan untuk melamar pekerjaan, sebab sepatu model ini membawa kesan formal. Jangan lupa semirlah sepatu kalian terlebih dahulu ya sebelum melamar pekerjaan, biar terlihat kinclong. Khusus untuk perempuan, jangan gunakan sepatu dengan hak terlalu tinggi karena akan mengganggu kenyamanan kalian.

 

4.      Sisir Rambut dengan Rapi

Siapa bilang rambut tidak penting. Penataan rambut juga bagian dari penampilan loh. Sisirlah rambut dengan rapi dan bila perlu gunakan minyak rambut. Jika rambut kalian dirasa terlalu panjang maka rapikan juga rambut kalian.

5.      Gunakan Parfum atau Deodoran

Ini penting, tapi seringkali dilupakan. Saat melamar pekerjaan jangan biarkan HRD ataupun orang lain terganggu dengan bau badan kalian. Tidak perlu berlebihan juga dalam menggunakannya, yang terpenting bau badan kalian wangi dan tidak membuat orang lain terganggu.

Pada intinya saat melamar pekerjaan gunakanlah pakaian formal, nyaman, dan rapi. Jangan sampai ya kalian melamar pekerjaan tetapi pakaian kalian seperti akan bepergian bersama teman.  

Post Views : 176 times