Kelengkapan Berkas untuk Job Fair

Tahukah kalian kalau mendatangi job fair itu butuh kelengkapan? Yah, sebagaimana hidup harus saling melengkapi antara satu dengan yang lain agar nantinya munculah apa itu arti kebersamaan hehe

Jika kalian menghadiri job fair, melengkapi berkas hukumnya adalah wajib! Tidak bisa ditawar-tawar lagi. Bagaimana bisa kalian melamar pekerjaan tanpa data diri. Padahal perusahaan butuh mengenal siapa diri kalian.

Baikklah langsung saja. Kelengkapan berkas yang dibutuhkan adalah:

1.      CV (Curriculum Vitae)

Kalian pasti sudah tahu kan apa itu CV? CV adalah daftar riwayat hidup. Buatlah daftar riwayat hidup kalian semenarik dan sesingkat mungkin. Jangan gunakan satu CV untuk melamar berbagai perusahaan. Tapi tulislah CV sesuai dengan kebutuhan yang diminta, alias harus linier dengan perusahaan yang akan kalian lamar.  Analoginya nih, kalian membeli pecel tapi sama penjualnya dikasih gado-gado. Pasti kalian kecewa dan nggak mau kan? So, buatlah CV kalian singkat, menarik, dan linier dengan apa yang dibutuhkan.  

 

2.      Surat Lamaran

Surat ini berisi permohonan mengisi lowongan yang diperlukan. Lebih efektifnya surat lamaran ini dibuat dengan menampilkan poin-poin penting saja. Sebagaimana membuat CV, kalian juga tidak perlu berlebihan dalam membuat surat lamaran. Karena segala yang berlebihan itu tidak baik.  

 

3.      Ijazah Terakhir

Nah, jika kalian lulusan sarjana maka bawalah ijazah S1 kalian, jika kalian lulusan program magister bawalah ijazah S2 kalian, dan seterusnya. Banyak perusahaan yang meminta ijazah kalian saat proses rekrutmen. Ijazah diperlukan karena perusahaan ingin mengetahui seberapa kemampuan akademik kalian, meskipun akademik bukan satu-satu kualifikasi yang dibutuhkan, tapi ijazah hampir selalu diminta oleh perusahaan.

 

4.      Berkas Lain-Lain

Tiga berkas di atas adalah berkas yang wajib dilengkapi saat job fair. berkas lain-lain yang perlu dibawa saat job fair dapat menyesuaikan dengan apa yang diminta oleh perusahaan. Sebagai contoh surat keterangan sehat dari Rumah Sakit (RS), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan surat keterangan bebas narkoba.

 

Itulah berkas-berkas yang perlu dilengkapi. Persiapkan segalanya dengan matang ya. Ke jalan Ketupa beli abu gosok, Sampai jumpa di ACF besok.  

Post Views : 185 times