Mengenal Job Fair dan Kebermanfaatannya

Para pencari kerja atau yang sering kita sebut dengan job seeker pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu job fair. Yah, job fair adalah bursa kerja atau pusat yang menjadi tempat penawaran pekerjaan bagi para perusahaan untuk para pencari kerja. Pada umumnya, job fair banyak dilakukan di kota-kota besar. Seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan sebagainya.

Saat ini job fair begitu digemari banyak pemuda, khususnya mereka yang fresh graduate. Job fair juga banyak dilaksanakan di berbagai universitas. Universitas Airlangga sendiri telah menyelenggarakan job fair sebanyak 30 kali.

Dari data yang telah dikumpulkan, rata-rata setiap tahunnya job fair Universitas Airlangga didatangi 6000 pengunjung. Tidak main-main juga loh, bahwa pengunjung yang hadir bukan hanya warga Surabaya, tetapi juga dari kota ataupun kabupaten lainnya.

Nah, sekarang tahukah kalian mengapa job fair begitu banyak diminati?

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ramai tidaknya suatu job fair,. PPKK akan menjelaskannya sebagai berikut:

1.      Perusahaan yang Hadir

Berbagai perusahaan yang mengikuti job fair merupakan daya tarik tersendiri bagi para job seeker. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, ramai tidaknya pengunjung dalam job fair sangat dipengaruhi oleh perusahaan yang hadir. Perusahaan-perusahaan besar yang memiliki reputasi dan nama baik akan lebih menarik pengujung. Selain itu, pengunjung juga lebih tertarik kepada perusahaan-perusahaan besar karena gaji yang ditawarkan juga cenderung lebih besar.  

2.      Variasi Lowongan

Alasan kedua mengapa job fair banyak diminati adalah terdapat berbagai variasi lowongan yang ditawarkan. Di sana pengunjung bisa memilih berbagai pekerjaan yang cocok untuk dirinya. Pada dasarnya, penyelenggaraan job fair tidak mungkin hanya dihadiri satu perusahaan saja. Sehingga, menghadiri job fair berarti menghadiri berbagai variasi lowongan pekerjaan.

3.      Bertemu dan Interview Langsung dengan HRD

Pertemuan langsung dengan HRD memiliki berbagai menfaat. Salah satunya adalah pengunjung mendapatkan informasi yang lebih jelas dibandingan hanya membaca melalui website. Pengunjung dapat menanyakan hal-hal secara detail mengenai pekerjaan di perusahaan yang diinginkan. Selain itu, tak jarang pula terdapat perusahaan yang melakukan interview secara langsung di tempat penyelenggaraan job fair.

 

4.      Workshop dan Konsultasi Gratis

Dalam pelaksanaan job fair, tidak jarang di dalamnya juga terdapat rangkaian acara workshop maupun konsultasi karir. Tema-tema workshop yang ada pun sangat bermanfaat untuk pencapaian ataupun pengembangan karir ke depannya. Selain itu, konsultasi karir biasanya juga ditawarkan secara gratis di dalam job fair. Di konsultasi karir ini, pengunjung dapat berkonsultasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Meliputi CV, surat lamaran, hingga cara menghadapi wawancara kerja.

 

5.      Hemat Biaya, Waktu, dan Tenaga

Menghadiri job fair memang dapat menghemat biaya, waktu, dan juga tenaga. Bagaimana tidak, dalam sehari para job seeker bisa melamar kerja lebih dari satu perusahaan dalam satu tempat. Pengujung tidak perlu repot pergi dari satu tempat ke tempat yang lain dan menghabiskan banyak biaya transportasi, karena berbagai perusahaan telah berkumpul menjadi satu. Selain itu, pengunjung juga dapat interview secara langsung jika perusahaan menyediakannya, sehingga waktu yang diperlukan dalam proses pelamaran pekerjaaan jauh lebih singkat.

Tujuan dari diselenggarakannya job fair adalah untuk menyerap  tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Baik dari pihak pengunjung ataupun perusahaan sama-sama memiliki keuntungan dalam penyelengaraan job fair. Perusahaan yang sering kali  mengikuti job fair akan lebih dikenal dan memiliki banyak relasi.

Bagi para pengunjung, job fair memiliki berbagai keuntungan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, mengikuti job fair juga dapat menambah motivasi agar tetap semangat mencari kerja, karena di sana banyak bertemu dengan para job seeker lainnya. 

Post Views : 85 times