Setelah Lulus Kuliah Mau Kerja Apa? (Part 1)

Sedang semester berapakah kalian saat ini? Apakah kalian sedang berada di semester penghujung kuliah? Kalau begitu sangat tepat jika kalian membaca artikel ini. Sebenarnya, bukan hanya semester akhir kuliah yang membutuhkan informasi ini, bahkan yang akan memasuki dunia perkuliahan pun membutuhkan juga. Sebelum memilih jurusan, mereka biasanya juga menanyakan tentang prospek kerja di masing-masing jurusan.

Nah, jika kalian sering mendapatkan pertanyaan  mau lanjut ambil S2 atau kerja setelah kuliah ini, kadang kala masih banyak yang bingung. Kalau lanjut S2 kalian membutuhkan lebih banyak biaya lagi, tapi kalau mau bekerja pun hendak bekerja apa.

Biar kalian tidak lagi bingung, PPKK punya beberapa daftar pekerjaan yang sesuai untuk masing-masing jurusan nih. Prospek kerja yang terlebih dulu dibahas adalah sebagai berikut:

Segala Jurusan

Segala jurusan artinya semua jurusan bisa meniti karir di bidang ini. Pekerjaan-pekerjaan yang ditawarkan untuk semua jurusan adalah:

1.      Pegawai Bank

Posisi yang ditawarkan biasanya adalah teller. Syarat seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat yang proporsional serta punya skill komunikasi yang baik.

2.      Sales Produk

Sales merupakan kegiatan yang fokus pada penjualan produk dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk. Skill komunikasi dan marketing sangat dibutuhkan dalam hal ini.

3.      Customer Service

Customer service merupakan setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi. Skill komunikasi dan kesabaran sangat dibutuhkan karena customer memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

4.      Management Trainee

Sifatnya adalah pegawai tetap. Program pengembangan karyawan dengan pola rekrutmen dan jalur yang khusus. Bersifat khusus karena kriteria rekrutmen yang dipakai biasanya lebih tinggi, dan kadang kala sangat tinggi bila dibandingkan dengan kriteria rekrutmen untuk karyawan dengan pola biasa. Mulai dari syarat indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tinggi, pengalaman organisasi yang memadai, kemampuan atau skill yang cukup, hingga penguasaan bahasa asing yang baik.

5.      Agen Asuransi

Wakil perusahaan asuransi yang mencari, mengumpulkan, dan melayani pemegang polis.

6.      Wartawan

Mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Dibutuhkan memiliki kemampuan berbahasa lisan maupun tulisan yang baik, responsif, punya rasa peka, kritis serta agresif dan bisa dipercaya.

7.      Sosial Media Admin

Bertugas untuk menjadi admin pada sosial media yang berbasis kewirausahaan maupun sosial media perusahan.

8.      Operator Call Center

Bertugas untuk menerima panggilan telepon dan menjawab serta memberikan solusi untuk masalah yang ditanyakan oleh klien.

9.      Creative Team

Konseptor dan desainer kreatif  perusahaan yang membutuhkan pengembang ide bisnis kreatif.

Demikianlah beberapa daftar pekerjaan yang menerima segala jurusan. Sekaligus info buat kalian nih kalau PPKK akan membuat daftar pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dalam artikel-artikel selanjutnya. Nantikan!

 

Post Views : 31 times