Pekerjaan Sambilan yang Cocok untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa bukan alasan yang tepat untuk tidak memiliki penghasilan. Yaps, memang betul mahasiswa harus fokus pada kuliahnya, akan tetapi hal itu bukan menjadi alasan yang tepat bagi kamu untuk terus-terusan meminta uang jajan ke orang tua. Melakukan pekerjaan sambilan selama kuliah memiliki beragam manfaat. Selain kamu dapat tambahan uang jajan dan tidak merepotkan orang tua,  kamu juga dapat menabung, dan mulai berinvestasi. Lantas apa saja sih pekerjaan sambilan yang cocok untuk mahasiswa?

1.      Menjual Jasa atau Keahlian

Menjual jasa kepada orang lain memang gampang-gampang susah. Yang terpenting kamu harus menguasai jasa yang kamu tawarkan. Jangan sampai kamu menjual jasa akan tetapi kamu tidak ahli dalam bidangnya. Jasa atau keahlian yang dapat kamu lakukan antara lain; menjadi penerjemah, menulis artikel di media massa, jasa MC (Master of Ceremony), hingga menjadi guru les.

Untuk menjadi penerjemah, kamu harus benar-benar mahir dalam bahasa asing yang diperlukan. Selain itu, kamu juga perlu menguasai bidang lain yang nantinya terkait dengan teks yang akan kamu terjemahkan. Untuk menjadi penulis artikel memang dibutuhkan keahlian menulis. Biasanya mereka yang menggeluti bisnis ini adalah yang hobi menulis ataupun memiliki background studi dalam bidang yang terkait. Akan tetapi bagi kamu yang pemula dan ingin menggeluti bidang tulis-menulis, kamu bisa memulai dengan banyak membaca dan berlatih menulis. Dengan begitu kamu akan mulai terbiasa menulis.

Dalam jasa MC yang dibutuhkan adalah keberanian dan pandai berbicara di depan umum. Sedangkan jasa pengajar les dibutuhkan kepandaian dalam bidang studi dan kemampuan mengajar. Untuk menjadi guru les pun dapat dibilang mudah. Kamu cukup memilih mata pelajaran yang sesuai dengan bidang kuliah kamu saat ini atau kamu juga dapat memilih mata pelajaran-pelajaran umum sekolah.

Kelebihan jenis usaha ini adalah bisa dijalankan tanpa modal. Namun tetap lakukan promosi dan bersikaplah profesional agar kamu memiliki pelanggan. Promosi dapat dilakukan di jejaring sosial yang kamu miliki. Selain itu bisa juga melalui website. 


2.      Usaha Online

Saat ini memang sudah cukup marak adanya bisnis online, dan apa salahnya jika kamu juga mencoba. Usaha online tidak memerlukan modal besar, bahkan kamu tidak perlu menyewa tempat. Potensi usaha online diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan dukungan akses internet yang semakin mudah, sehingga para pelaku usaha online sangat diuntungkan dan berpotensi meraih banyak keuntungan.

Sebagaimana membuka toko offline, usaha online pun juga memerlukan adanya strategi pemasaran. Strategi yang perlu dilakukan antara lain; menambah pengetahuan mengenai internet agar usaha yang kamu miliki lebih dikenali, cari produk dan pemasoknya jika kamu tidak memproduksi barang sendiri, perbarui situs usahamu secara rutin sehingga pengunjung terus tertarik, bersifatlah kreatif dalam berbisnis dan milikilah ciri khas yang membedakan dengan usaha online yang lainnya. Hal yang tidak kalah penting dalam strategi pemasaran online saat ini adalah penggunaan hashtag. Hashtag akan berguna untuk mempermudah pelanggan mencari.

Banyak kelebihan dari usaha online, seperti biaya operasional yang cenderung lebih murah, waktu kerja yang fleksibel sehingga tidak mengganggu waktu kuliah, menjangkau pasar yang luas, dan mudahnya pelayanan.

 

3.      Bekerja Part Time

Pekerjaan paruh waktu juga dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa. Pekerjaan ini dipilih karena gaji yang ditawarkan jelas dan berlaku setiap bulannya. Yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini adalah manajemen waktu yang tepat. Pekerjaan ini memang dapat memakan banyak tenaga karena adanya ketentuan jam dan peraturan dari tempat kerja. Untuk mengatasi hal itu, pilihlah perusahaan yang memiliki suasana kerja nyaman. Katakan juga bahwa kamu adalah mahasiswa sehingga kamu harus mengatur waktu antara keduanya. Hal itu bertujuan agar atasanmu memahami keadaanmu.

Post Views : 9 times