Tips Mengatur Keuangan di Awal Tahun

Hallo everybody! Wah sudah pergantian tahun aja nih. Jadi pergantian tahun kemarin, kalian ada agenda apa? Kumpul bareng teman, keluarga, atau berdiam diri di kamar?

Nah, seperti yang kita tahu bahwa pergantian tahun adalah hal yang dinanti banyak orang di seluruh dunia. Pesta perayaan tahun baru dirayakan dengan meriah di berbagai daerah, tidak terkecuali di Indonesia loh. Tahun baru juga dianggap memiliki kekuatan tersendiri, khususnya bagi para pemuda. Berbagai resolusi dilakukan. Mulai dibuatnya daftar impian untuk satu tahun mendatang, target kuliah, target kerja, hingga target nikah.  

Salah satu resolusi yang tidak kalah penting untuk digerakkan adalah mengatur keuangan. Nggak percaya? Coba amati saja, semua kebutuhan hidup kita dapat dibeli dengan uang. Mulai dari tempat tinggal kita, makanan sehari-hari, perlengkapan mandi, perlengkapan kuliah, dan masih banyak lagi. Tapi bukan berarti kita mendewakan uang dong ya.. Tidak ada yang salah dengan uang, tergantung bagaimana uang itu kita kelola. Banyak orang berfoya-foya ketika mereka baru saja mendapatkannya, tapi setelah itu mereka  menyesal dan bingung karena uang yang dimiliki mulai menipis. Terus-menerus seperti itu. Apakah kalian termasuk dalam bagian itu? Semoga tidak ya..

Pesta perayaan malam tahun baru lalu adalah salah satu contoh  pengeluaran uang untuk hal-hal yang kurang penting. Misal, membeli kembang api, bakar-bakar berlebihan sampai-sampai pada akhirnya terbuang, dan lain-lain. Nah, agar fenomena kehabisan uang di akhir bulan tidak terjadi lagi, PPKK punya tips menarik nih buat kalian. 

1.      Membuat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran

Masih ingat peribahasa besar pasak daripada tiang? Yaps, artinya adalah pengeluaran lebih besar daripada pendapatanDaftar pemasukan adalah uang yang kita peroleh. Uang itu bisa dari gaji (apabila sudah bekerja), uang saku dari orang tua, maupun uang hasil kerja sambilan. Catat semua pemasukan yang diperoleh tiap bulannya. Setelah itu catat juga semua pengeluaran. Agar kalian tidak lupa, daftar pengeluaran sebaiknya ditulis setiap harinya. Bawa catatan kecil dan pena ke manapun pergi. Pastikan bahwa pemasukan kalian lebih besar daripada pengeluaran. Dengan membuat catatan pemasukan dan pengeluaran kalian akan mengetahui bagaimana sirkulasi keuangan pribadi kalian.

 

2.      Daftar Barang yang Dibeli secara Teratur

Tulis daftar barang ataupun hal-hal yang dibeli secara teratur. Seperti makanan, transportasi, pulsa, biaya print, jilid, kosmetik dan sebagainya. Masukkan daftar ini ke daftar pengeluaran. Tujuan ditulisnya barang belian rutin adalah agar kalian mengetahui betul kebutuhan-kebutuhan yang wajib dipenuhi setiap bulannya. Artinya kebutuhan yang dirasa kurang penting tidak boleh dimasukkan ke dalam daftar. Hal itu akan berakibat pada pengeluaran yang berlebihan dan tidak terkendali. Contoh, ketika kalian masuk ke dalam mall dan tidak membawa daftar belanjaan terdapat kemungkinan besar bahwa barang-barang yang sebetulnya tidak kalian perlukan malah terbeli hanya karena tertarik ataupun ada diskon dengan barang itu. Hmm, kalau begitu pengeluaran jadi tak terkendali. Jadi, pastikan bahwa barang-barang yang dibeli memang sesuai dengan kebutuhan saja.  

 

3.      Menjatah Uang Jajan Harian

Nah, di sini siapa yang sudah menjatah uang jajan harian? (give applause untuk kalian). Menjatah uang jajan harian artinya menentukan jumlah uang yang sama untuk digunakan sehari-hari. Misal, dalam sehari uang yang akan kalian keluarkan adalah Rp.20.000. Jumlah uang itu harus sama untuk hari-hari berikutnya. Hal ini bertujuan agar kalian disiplin dalam mengeluarkan uang. Jatah dalam sehari harus benar-benar ditaati agar nantinya terbiasa. Jika dalam sehari jatah yang telah ditentukan masih tersisa, maka kumpulkan saja sisa uang harian itu hingga akhir bulan, dan ketika sudah terkumpul gunakan itu sebagai hadiah untuk diri sendiri. Kalian bebas membeli apapun dari uang sisa jatah harian yang telah terkumpul.

 

4.      Uang untuk Hiburan

Tidak dapat dipungkiri kita sebagai manusia sangat membutuhkan hal-hal yang dapat menyenangkan hati dan pikiran, atau biasa kita sebut dengan refreshing. Uang untuk hiburan artinya mengalokasikan sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk berlibur. Tidak perlu terlalu banyak, kalian hanya perlu mengumpulkan sesuai kemampuan kalian saja. Yang perlu kalian tahu bahwa hiburan tidak melulu mahal. Jika kalian ingin liburan yang murah, kalian bisa datang ke CFD (Car Free Day) di akhir pekan atau mengajak keluarga bahkan teman pergi ke taman untuk menikmati udara segar.

 

5.      Menabung

Sudah bukan mitos lagi nih bahwa menabung memiliki begitu banyak manfaat. Menabung sangat perlu diprioritaskan. Nah, kenapa? Karena menabung juga merupakan cadangan ketika ada pengeluaran mendadak dan bersifat mendesak.  Jangan tunggu menabung ketika kalian sedang memiliki uang berlebih, tetapi prioritaskanlah menabung terlebih dahulu. Menabung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa menabung dengan jumlah semaunya ataupun menabung dengan target, akan tetapi menabung dengan target akan jauh lebih efektif. Dikatakan begitu karena menabung dengan menargetkan jumlah juga akan melatih kalian untuk disiplin, selain itu menabung dengan target juga akan dapat mengetahui berapa jumlah yang kalian miliki.

Baiklah, itu adalah 5 tips mengatur keuangan dari PPKK. Semoga bermanfaat dan selamat tahun baru!  

Post Views : 91 times