Millennials, Inilah Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu!

 

Menginjak era millennial, tentunya membuat segala macam kebutuhan berubah mengikuti kebutuhan jamannya. Di era millennial ini, segala macam hal yang berbau dengan teknologi, media sosial, serta hal-hal yang instan, menjadi pilihan yang banyak dicari dan diinginkan. Tak layak, dengan berubahnya kebutuhan pasar yang sedemikian, banyak perusahaan atau penyedia jasa akhirnya memutar otak untuk membuat perubahan pula. Termasuk salah satunya jenis pekerjaan atau job yang dapat dikatakan baru, dan membuang beberapa jenis pekerjaan yang sudah tidak lagi dibutuhkan. Beberapa jenis pekerjaan baru ini rupanya sangat cocok bagi kaum millennial saat ini, lho.  Apa saja? Yuk cek!

 

1. Search Engine Optimisation (SEO) Specialist

SEO adalah bidang yang berkembang pesat dengan munculnya beragam situs di dunia. Semua perusahaan besar memerlukan spesialis SEO untuk mengatur supaya situs mereka muncul di peringkat teratas di search engine seperti Google dan Bing. Tugas umum dari SEO adalah mempromosikan dan membawa lebih banyak pengunjung ke situs mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan atau pendapatan. Hal ini tentunya harus didukung dengan desain situs, merancang struktur navigasi situs berdasarkan kata kunci dan produk prioritas, dan lain-lain.  

Jurusan yang bersangkutan: MarketingTeknologi Informatika.

 

2. Talent Management Coordinator

Pekerjaan ini bergerak di bidang sumber daya manusia dan manajemen. Tugas utamanya adalah mencari, menarik dan mempertahankan orang-orang yang berbakat untuk bekerja di perusahaan tertentu. Terkadang disebut juga sebagai Talent Manager, tantangan mereka adalah mengikuti perkembangan dunia bisnis mereka, dan menentukan atau memprediksi tenaga kerja, atau skill seperti apa yang dibutuhkan untuk menjalankan dan mengembangkan perusahaan. Mengapa posisi ini penting? Karena mencari dan melatih karyawan baru membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu perusahaan berusaha se-efektif dan se-efisien mungkin untuk menemukan karyawan dengan talenta yang cocok.

Jurusan yang bersangkutan: Business studies, ManajemenPsikologi, Art studies, Sumber Daya Manusia.

 

3. Manajer Media Sosial

Manajer Media Sosial bertugas menjaga citra perusahaan di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan Google+. Mengapa posisi ini penting? Karena citra suatu perusahaan di mata masyarakat sangatlah penting. Sebelumnya peran ini dijalankan oleh departemen PR. Karena pengaruh media sosial di masyarakat semakin kuat tiap harinya, perusahaan membutuhkan seseorang untuk menjaga citra mereka di media sosial, yaitu manajer media sosial.

Jurusan yang bersangkutan: Public Relations, Komunikasi, MarketingTeknologi Informatika, Statistik.

 

4. User Experience Designer

Pernahkah kamu merasa kesal karena handphone kamu lambat, atau ada aplikasi yang tidak bekerja sesuai dengan keinginanmu? Tugas seorang user experience designer adalah memastikan semua gadget dan aplikasi dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, mereka juga bertugas untuk menjaga kepuasan konsumen, misalnya dengan senantiasa memberikan upgrade. Untuk bekerja di bidang ini dibutuhkan ketelitian, kemampuan mendesain, dan kemampuan untuk mengerti dan mengenal konsumen.

Jurusan yang bersangkutan: Psikologi, Retail Studies, Fashion Design, Marketing,  Desain Grafis, Arsitektur, Desain IndustriTeknologi Informatika, dan Ekonomi.

 

5. Manajer Kampanye Politik Online

Tahukah kamu, sekarang kampanye tidak hanya di jalanan dan berupa poster-poster atau kunjungan amal? Kampanye ternyata juga dilakukan secara online. Sama halnya dengan perusahaan yang menjaga citra mereka melalui media sosial, tokoh-tokoh politik juga melakukan hal yang sama. Melalui media sosial, mereka dapat mengetahui dan merespon opini rakyat tanpa harus berkunjung dari pintu ke pintu. Tentu saja untuk bekerja di bidang ini dibutuhkan pengetahuan politik yang kuat, etika kerja, dan strategi untuk memenangkan hati rakyat.

Jurusan yang bersangkutan: Ilmu PolitikHukumJurnalisme, Komunikasi, MarketingPublic Relations

 

6. Web Content Writer

Tugasnya adalah menulis isi sebuah situs, baik itu artikel, atau halaman depan. Penting untuk membuat isi situs terlihat semenarik mungkin, atau seinformatif mungkin untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pekerjaan ini bisa berupa pekerjaan tetap, atau hanya sebagai pekerjaan lepas (freelance).

Jurusan yang bersangkutan: Bahasa Inggris, Komunikasi, MarketingPublic Relations

 

7. Desainer Grafis 3-D

Animasi dan desain 3-D semakin sering ditemukan dalam film, televisi dan video game. Selain itu juga sudah banyak iklan yang menggunakan animasi 3-D untuk membuat iklan yang lebih menarik dan gampang diingat pemirsa.  

Jurusan yang bersangkutan: Desain Grafis, Periklanan, Film StudiesMarketingTeknologi InformatikaIlmu Komputer, Seni, Animasi



8. Video Journalist

Dahulu, berita hanya diliput oleh wartawan, kemudian disiarkan oleh penyiar berita di TV. Sekarang, dengan perkembangan teknologi dan adanya YouTube, siapa saja bisa menjadi wartawan. Kamu hanya memerlukan video kamera, atau bahkan hanya dengan kamera di handphone, ditambah dengan sedikit kreativitas, dan kemampuan bercerita yang menarik, kamu juga bisa menjadi seorang wartawan (video journalist). 

Jurusan yang bersangkutan: Film studiesJurnalisme, Sound Engineering




Sumber: https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/10-pekerjaan-baru-generation-y/