Latar Belakang

Universitas Airlangga setiap tahun meluluskan sekitar 3000 sarjana Strata 1, Strata 2, Strata 3 maupun program Diploma. Menurut data Evaluasi diri Universitas Airlangga dari setiap tahunnya sekitar 17% lulusan yang masih kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sampai lebih dari 12 bulan karena keterbatasan informasi dari berbagai lowongan pekerjaan yang diharapkan dan sedikit sekali para lulusan baru yang mendapat informasi pertama dari perusahaan pencari kerja berkaitan dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Berdasarkan surat keputusan Rektor Nomor : 4312/JO3/OT/2003 tertanggal 22 Mei 2003. Maka dibentuklah sebuah lembaga yang bernama Job Placement Center (JPC UNAIR) atau sekarang menjadi Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK UNAIR) yang mempunyai tugas menjembatani antara dunia usaha dengan pencari kerja (alumni).

Lembaga ini di dirikan agar bisa mengkoordinir semua kegiatan pencarian kerja bagi lulusan baru, mengembangkan kegiatan civitas akademika dalam kerjasama dengan stake holders (masyarakat dan dunia usaha) untuk mengintegrasikan kegiatan akademik dengan dunia kerja. Bersamaan dengan itu JPC harus mampu menyelenggarakan Bursa Kerja, dalam acara Bursa Kerja para alumni dapat menyerahkan lamaran secara langsung keperusahaan-perusahaan demikian juga sebaliknya perusahaan -perusahaan peserta Bursa Kerja memperoleh peluang yang sangat luas untuk menyeleksi pelamar kerja secara langsung. Dengan berdirinya JPC Unair diharapkan bisa memperpendek masa tunggu para alumni baru untuk memperoleh kerja yang diharapkan, selain itu juga JPC Unair harus berkembang dan bisa menjadi jembatan antara Unair dengan dunia usaha, serta mampu menyiapkan civitas akademika menghadapi dunia kerja bila sudah lulus. Menilik surat keputusan Rektor untuk meningkattkan mutu lembaga ini maka dibentuk bidang-bidang kerja antara lain: Bidang Sistem Informasi, Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Bidang Kemitraan.


Tujuan

  1. Membina dan Mengembangan karir mahasiswa dan alumni.
  2. Meningkatkan kualitas alumni dan mahasiswa untuk berintegrasi dengan dunia usaha.
  3. Pengembangan hubungan dan kerjasama kealumnian.
  4. Membina jiwa kewirausahaan dan profesionalisme mahasiswa sebagai bekal mamasuki dunia kerja.